Efek Dari Orthokeratology Pada Perkembangan Rendah Sampai Sedang Miopia Pada Anak

Efek Dari Orthokeratology Pada Perkembangan Rendah Sampai Sedang Miopia Pada Anak

Data dari Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat terhadap 2021 menunjukkan pandemi COVID-19 mengubah aktivitas anak-anak yang berpengaruh terhadap kesehatan mata. Kegiatan di depan layar selama era di tempat tinggal saja meningkat dan mengakibatkan anak-anak mudah mengalami gangguan mata minus.

Prevalensi myopia atau mata minus meningkat 1,5 hingga tiga kali lipat terhadap tahun 2020 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan ini banyak terjadi terhadap anak-anak umur 6-8 tahun. Kondisi ini termasuk menjadikan Indonesia sebagai tidak benar satu negara di Asia yang mengalami peningkatan myopia atau mata minus secara signifikan.

Terapi ortokeratologi atau yang dikenal bersama dengan metode Ortho K diklaim efektif untuk mengoreksi mata minus anak. Begitu kata spesialis mata di VIO Optical Clinic, Andri Agus Syah. Ortho K adalah metode membentuk lagi kornea mata pasien yang tidak beraturan lagi bulat normal sehingga penglihatan pasien menjadi jernih kembali.

“Ortho K ini dapat menjadi solusi untuk menekan pertumbuhan myopia terhadap anak karena membawa dua fungsi mencegah laju minus dan dapat menurunkannya,” kata Andri.

Terapi ini berupa alami, bukan melalui sistem pembedahan, sehingga memadai diminati. Akademi Optalmologi Amerika melansir Ortho K adalah prosedur nonbedah yang disebut bersama dengan Corneal Refractive Therapy (CRT). Caranya bersama dengan manfaatkan lensa kontak Rigid Gas Permeable (RGP) yang dipakai waktu tidur minimal 8 jam di malam hari Orthokeratology .

Pada waktu tidur, lensa kontak tersebut dapat membentuk lagi kornea mata pasien secara alami sehingga terhadap waktu bangun dan beraktivitas pasien dapat memiliki penglihatan yang jernih. Meskipun terbilang baru di Indonesia, metode ini udah berkembang sejak tahun 1940 oleh dokter optometri George Jessen (1916-1987) dan udah mendapat petunjuk BPOM-nya AS, FDA. Persetujuan sehingga pemakaian terapi Ortho K ini dijamin keamanannya.

“Terapi Ortho K ini memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi dan terbukti dapat mendukung para orang tua yang idamkan anaknya dapat lepas kacamata tanpa kudu operasi. Biayanya termasuk terlampau terjangkau. Bahkan udah banyak calon siswa Akmil, Akpol, pilot, dan lain-lain yang lulus tes kesehatan mata bersama dengan metode terapi Ortho K ini,” kata spesialis mata Weni Puspitasari.

Mengenal Sindrom Visual Snow, Kondisi Munculnya Titik-titik Putih terhadap Penglihatan
Sindrom visual snow merupakan kelainan neurologis yang mengakibatkan pengidapnya seolah lihat titik-titik kecil yang berkedip-kedip di dalam bidang visual.

3 hari lalu

2 Gangguan Kesehatan yang Rentan Jika Sering Terpapar Cahaya Biru
Cahaya biru dari layar gawai (gadget) yang memadai tinggi lebih berkemungkinan mengakibatkan kerusakan saat diserap berbagai sel di dalam tubuh

4 hari lalu

5 Fakta Menarik Kedipan Mata, Makin Tua Makin Sering Berkedip
Kedipan mata memiliki banyak fakta-fakta menarik, misalkan makin tua makin sering berkedip dan setahun lebih dari 7 juta kali berkedip.

4 hari lalu

Menyehatkan Usus hingga Jantung, Inilah 4 fungsi Alpukat bagi Kesehatan
Alpukat menambahkan segudang fungsi untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

6 hari lalu

Perhatikan Kelebihan Kacamata Progresif, Bukan Sekadar Buat Gaya
Kacamata progresif kerapkali dijadikan alternatif untuk menangani rabun dekat, apa kelebihan lainnya?

7 hari lalu

Tak Sulit Membuat Mata Sehat, Lakukan 5 Cara ini
Cara merawat kesehatan mata yang pertama adalah teratur periksa mata tiap tiap minimal satu tahun sekali. Lakukan 5 tips merawat mata sehat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *