5 Cara Mengatasi Keputihan Alami, Efektif dan Aman

5 Cara Mengatasi Keputihan Alami, Efektif dan Aman

bmdtransport.com – Banyak wanita mengalami masalah keputihan dan bingung cara mengatasi keputihan secara tepat dan aman. Meskipun keputihan merupakan hal yang normal, namun apabila terjadi secara berlebihan akan membuat tidak nyaman dan akan membuat resah si penderita. 

Keputihan yang normal biasanya berwarna jernih atau putih susu dan tidak mengeluarkan bau. Kadar cairan keputihan akan mengalami peningkatan pada masa tertentu seperti menjelang menstruasi, saat berhubungan intim, pada proses kehamilan atau menyusui. 

Cara Alami Mengatasi Keputihan yang Tepat

Keputihan normal memang tidak membutuhkan penanganan khusus, namun yang perlu ditangani yaitu ketika keputihan tersebut sudah dalam kondisi tidak normal. 

Perubahan tersebut karena disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penggunaan antibiotik, vaginosis bakterialis, kanker serviks, infeksi jamur, penggunaan pil kontrasepsi atau penyakit menular seksual. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah keputihan dengan cepat dan aman.

  • Kunyit

Kandungan senyawa kurkuminoid yang ada pada kunyit terdiri dari kurkumin, bisdesmetoksikurkumin dan desmetoksinkumin. Tidak hanya itu saja, namun kunyit juga mengandung pati, protein, minyak atsiri dan juga karbohidrat. Itu sebabnya kunyit sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar, perut mulas ketika haid bahkan keputihan. 

Caranya, campurkan 5 gram bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Sebaiknya Anda minum selagi hangat. Untuk hasil maksimal, sebaiknya konsumsi setiap hari secara rutin. 

  • Dilema

Buah, bunga, batang, akar dan kulit buah delima memiliki kandungan flavonoid dan saponin. Sedangkan bagian akarnya mengandung polifenol dan pada buah, bunga dan kulit batangnya mengandung tanin. 

Karena itulah buah delima memiliki banyak sekali khasiat terutama untuk mengatasi masalah keputihan. Karena kandungan zat yang ada di dalamnya mampu membunuh bakteri jahat. 

Caranya, rebus kurang lebih 30 gram kulit buah delima dengan 1 liter air  dan biarkan airnya hingga setengahnya. Selagi hangat, minum rebusan air tersebut dan lakukan 2 kali sehari secara rutin. 

  • Cuka apel

Menurut beberapa penelitian bahwa cuka apel bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan karena bakteri vaginitis, kandidiasis maupun vaginosis bakterialis. Jika Anda mengalami keputihan, maka dapat mencucinya menggunakan cuka apel untuk menyeimbangkan ph vagina. 

Caranya, campurkan cuka apel di wadah yang berisi air. Kemudian Anda gunakan untuk membasuh vagina. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya Anda lakukan 2 kali sehari secara rutin. 

  • Plain yoghurt

Kandungan konsentrasi bakteri lactobacillus yang ada di dalam yoghurt tawar atau plain yoghurt cukup tinggi dan memiliki khasiat untuk menjaga ph di daerah kewanitaan. Bakteri baik yang terdapat pada yoghurt mampu memulihkan daerah kewanitaan yang terinfeksi bakteri atau jamur penyebab keputihan. 

Baca Juga : Cara Melindungi Diri Dari Ancaman

Nah, bagi Anda yang mengalami keputihan maka tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa menerapkan cara mengatasi keputihan dengan bahan-bahan alami di atas yang tentunya sangat aman dan tidak menyebabkan efek samping.