Lakukan Pull up dengan Gerakan ini agar lebih mudah

Lakukan Pull up dengan Gerakan ini agar lebih mudah

bmdtransport.com – Pull up menjadi salah satu latihan olahraga yang bisa Anda lakukan dimana saja. Gerakan ini akan mudah dilakukan oleh orang-orang yang memang telah terlatih, untuk pemula agaknya gerakan cukup sulit. Namun pasti Anda bisa melakukan gerakan ini jika latihan beberapa kali. Untuk itu Anda bisa menggunakan cara di artikel sekarang untuk latihan pull up

Lakukan Teknik Latihan 

  1. Pemanasan selama 5-10 menit. Ini dilakukan agar tubuh tidak mengalami cedera, tidak terlalu kaget saat mulai gerakan. Bisa pemanasan dengan jalan kaki, peregangan atau joging. 
  2. Bahu pada posisi dan punggung Anda lengkungkan ke belakang. Agar otot leher tidak tertekan maka tariklah bahu dan punggung ke arah belakang. Ini juga biar latihan tidak mengalami kesulitan. 
  3. Pakai otot punggung saat mulai gerakan latihan. Jangan menggunakan otot lengan untuk mengangkat tubuh. Agar latihan lebih mudah dan efektif. 
  4. Kaki silangkan saat dimulai. Untuk mengurangi tekanan yang diberikan pada lengan dan Anda bisa mempertahankan postur tubuh secara tetap. Dengan cara ini dapat mengurangi tekanan pada lengan.
  5. Gunakan alat bantu saat berlatih. Gunakan mesin yang dapat membantu Anda berlatih, lingkarkan tali resistensi pada bagian tiang mesin dan lutut untuk menyangga tubuh. Minta bantuan orang lain memegang kaki Anda sewaktu latihan. 

Tingkatkan latihan 

  1. Variasikan gerakan latihan 
  • gerakan standar, pegang tiang dengan kedua telapak tangan dan lebarkan jarak sebahu, Angkat tubuh. 
  • Gerakan netral, pegang 2 tiang dengan tangan saling berhadapan jarak 30 – 60 cm. Angkat badan sampai dada. 
  • Gerakan chin up, berpegangan pada tiang dengan kedua tangan mengarah ke dada jarak selebar bahu. Dekatkan dagu ke tihang dengan gunakan otot bisep. 
  1. Tambah satu gerakan di tiap akhir sesi

Sebelum mengakhiri latihan coba tambahkan satu lagi gerakan atau lebih dari satu jadi lebih baik. Kemudian tentukan target jumlah gerakan setiap latihan agar motivasi Anda meningkat. Anda bisa melakukan gerakan tidak secara penuh dan keseluruhan. 

  1. Lakukan latihan 2 –  3 kali dalam satu minggu. 

Agar Anda dapat gerakan dengan teknik yang benar maka diperlukan latihan yang sering Anda lakukan agar bisa menggunakan teknik benar. Semakin sering berlatih maka tubuh akan menyesuaikan dan menjadi lebih kuat. 

Tingkatkan kekuatan tubuh 

  1. Latihan untuk punggung  dan lengan agar lebih kuat. Anda bisa melatih dengan gerakan Lat pull down, bicep curl, seated row, prone reverse fly. Gerakan-gerakan itu bisa dilakukan setelah melakukan gerakan utama. 
  2. Atur pola makan. Banyak mengkonsumsi protein misal pada telur, ikan atau ayam untuk membantu pembentukan otot juga. Dan tentunya makanan bergizi yang lain. 
  3. Tidur sehari 8 jam, tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina setelah melakukan latihan dan beraktivitas. Sehingga perlu diperhatikan jam tidur Anda. 

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP ke Laptop/PC yang Mudah

Metode di artikel ini dapat Anda gunakan untuk membantuk gerakan pull up yang sedang Anda lakukan.